4.8.12

Bait Bercakap Hujan

Alam: "Ayo bertutur kata dalam bait."

Awan: "Aku ingin berbicara hujan. Ialah perantara seseorang untuk mengungkapkan sebuah emosi. Hujan dapat mengekspresikan semua kata-kata yang tidak dapat diucapkan oleh sebait kalimat."

Alam: "Hujan berupa emosi dan sebuah jalan dimatamu? Lalu, bagaimana dengan makna hujan hanyalan sebuah pena untuk menggambarkan bahwa semesta sedang meracik embun berbuah jarum?"

Awan: "Meskipun bagiku hujan hanyalah sebuah pena untuk gambarkan semesta yang selalu terbayang di benaku, tetapi hujan adalah sebuah jembatan penghubung dari siklus yang terjadi di bumi ini. Dia adalah kehidupan, kematian, pengharapan, kekekecewaan, kebahagiaan dan sebuah kesedihan yang dapat menghubungkan semua emosi yang saling keterkaitan di setiap tetesnya."

Alam: "Apa benang merah yang menjadi sebuah celah untuk menjadi arti hujan itu? Harus berairkah kita sebagai penikmatnya?"

Awan: "Penghunbung dari semua emosi ialah di setiap rintik tetes air hujannya memendarkan kesejukan pada tanah yang menangis meratapi musim kemarau. Lihatlah pada awan mendung, disana ada danau tempat bias cahaya terpantul yang merenungi matahari yang membiaskan panas pada laut."

Alam: "Kamu tahu hujan dalam maknaku? Hujan itu aku."

Awan: "Apa alasanmu?"

Alam: "Aku adalah musibah bagi mereka yang menyiakan. Aku adalah kesejukan bagi mereka yang haus. Aku adalah sebuah ekspresi saat menyambut beban dalam perbedaan musim untuk penikmat semesta. Aku adalah siklus dimana jarum roda kehidupan untuk menjalankan hidup ketika bermasa dalam makna saling menghidupi. Aku adalah evolusi labil yang terkadang membiaskan, menguapkan, bahkan meratapi dunia dan mereka yang diselingi nyawa untuk menatap langit."

Awan: "Maka benarlah definisi dari hujan itu ialah aku?,Hujan yang menggambarkan seseorang yang terkadang dapat menjadi sebuah musibah ataupun sebuah anugrah.Selalu turun secara bersamaan serentak dngan setiap perasaan yang membaur dalam suara gemuruh hujan."

Alam: "Tidak. Hujan adalah aku. Dan hujan dalam maknamu adalah apa yang sudah kamu baitkan tadi. Sebelum aku berbait kini, kamu hanya menggambarkan arti dari 'hujan adalah aku'."

Awan: "Inti dari semua kalimat-kaliat yang terlontar ini adalah yang menjadi sahabat atau teman akrab. Hujan sebagai laki-laki yang dapat memanggil-manggil. Hujan yang mampu mendendangkan sastra, musik, nyanyi, atau tari. Hujan yang menyibak-nyibakkan tarian dan melentun anggun pada dahan dan batang. Hal ini jelas merupakan bagian dari mahluk hidup khususnya manusia. Sudah dapat di mengerti dari semua bait yang ada, tapi apakah kamu setuju jika hujan dapat di katakan sebuah kerinduan?"

Alam: "Aku tidak sependapat, karena hujan adalah aku. Aku yang selalu dan terkadang merindu. Aku yang terkadang dan selalu dirindu. Bahkan aku adalah sebuah kerinduan berabstraksi serpihan debu bersegitiga semu. Sebagai prosa terakhir, apa perbedaan Hujan adalah aku dan Hujan adalah Kamu?"

Awan: "Dan apakah perbedaan hujan sebagai aku dan sebagai kamu hanya dilihat dari sudut pandang saja, yaitu sebuah penjelasan yang berbeda tetapi mempunyai inti pengertian yang sama aku atau kamu sama dengan manusia...?"

Alam: "Sadarkah kamu? Kamu adalah awan bersistematis awam. Mari jangan hanya gunakan dua pandang."

Awan: "Benarkah aku hanya seorang awan yang hanya memandang dari sudut pandang orang biasa?"

Alam: "Aku ingin mengajak bercermin bersama. Aku tidak ingin menunjukan karena aku hanyalah redup. Bukan seberkas silau mau pun kejelasan petunjuk benderang. Sadarkah kamu, hujan pun berbulir lebih dari puluhan bahkan ratusan ribu juta ketika memuntahkan bsahannya? Ibaratkanlah sudut pandang itu seperti dia. Semoga kamu mengerti "

Awan: "Setiap tetes mempuanyai setiap peranan? Apakah benar pendapatku? Dapat di ambil dari berbagai sudut pandang yang ada bukan hanya satu ataupun dua."

Alam: "Semua berperan untuk memunculkan peranannya."

Dengan Awan Galaksi dalam rasi bintang Cancer | VERT

No comments:

Post a Comment